Tugas
:
Micro Teaching
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / semester :
VIII / 2 ( genap)
Materi Pokok :
Hukum Bacaan Mad
Alokasi Waktu :
1 x 10 menit
1.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI4
|
:
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
|
2.
KOMPETENSI DASAR
·
Menjelaskan hukum bacaan Mad
·
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad dan menunujukan contoh
bacaan Mad dalam surat – surat Al – Qur’an
·
Mempraktikan hukum bacaan Mad dalam surat-surat Al Qur’an dengan
baik dan benar
3.
INDIKATOR
·
Menjelaskan Pengertian Bacaan Mad
·
Menjelaskan macam-macam hukum Bacaan Mad dan Contohnya :
·
Menuliskan contoh hukum bacaan
·
Mempraktikkan cara membaca bacaan Mad.
4.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran ini, diharapkan :
·
Siswa dapat menjelaskan pengertian bacaan Mad.
·
Siswa dapat menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad dan dapat
menuliskan contoh bacaan Mad.
·
Siswa dapat mempraktikkan bacaan Mad dalam surat-surat
Al-Qur’an.
5.
MATERI PEMBELAJARAN
·
Pengertian Bacaan Mad
Secara bahasa Mad berarti panjang, sedangkan pengertian Mad
dalam ilmu Tajwid adalah Memanjangkan bunyi huruf haijaiyah karena adanya
pertemuan antara huruf hijaiyah yang berharakat fathah bertemu dengan Alif,
huruf hijaiyah yang berharakat kasrah bertemu dengan Ya’ sukun, dan huruf
hijaiyah yang berharakat dhummah bertemu dengan wawu sukun.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa huruf Mad ada tiga yaitu Alif ( ا ) Ya’ (ي ) dan
wawu (و ) yang biasa disingkat dengan Ayuu (ايو).
·
Macam-Macam Mad
Pada dasarnya Mad
terbagi menjadi dua, yaitu :
1.
Mad Thobi’i / Mad Asli
Mad Thobi’i atau Mad
Asli adalah Mad yang keadaanya masih belum ditambah panjangnya karena
sebab-sebab tertentu. Atau dapat pula dikatakan bahwa Mad Thobi’i adalah
Apabila ada huruf hijaiyah yang berharakat Fathah bertemu dengan Alif, huruf
hijaiyah yang berharakat kasrah dengan Ya’ sukun, dan huruf hijaiyah yang
berharakat dhummah bertemu dengan wawu sukun. Panjang bacaan Mad Thobi’I adalah
satu Alif atau dua harakat / ketukan.
contoh :
كتَا بٌ – يَقُوْلُ – سمِيْعٌ
1.
Mad Far’i
Secara bahasa Mad
Far’i berarti cabang atau bagian. Dikatakan Mad Far’i karena ini merupakan
pengembangan dari Mad Thobi’I yang dikarenakan adanya sebab-sebab tertentu.
Mad Far’i terbagi
atas.
·
Mad Wajib Muttasil
Adalah apabila ada Mad
i bertemu dengan hamzah dalam satu kalimat. Panjang bacaan Mad wajib Muttasil
adalah dua setengah Alif atau Lima harakat ketukan.
contoh
: سَوَآءٌ – جَآءَ – جِيْءَ
·
Mad Jaiz Munfasil
Adalah apabila ada Mad
bertemu dengan hamzah di lain kalimat. Panjang bacaan Mad Jaiz Munfasil adalah
dua setengah Alif atau lima harakat / ketukan.
contoh
: وَﻻَأنْتُمْ بِمَا أُنْزِلَ
·
Mad Lazim Harfi Mukhaffaf
Yaitu apabila pada
permulaan surat dari Al-Qur’an terdapat salah satu atau lebih Dari antara huruf
yang delapan, yakni: ن – ق – ص – ع – س – ل – ك – م dan tidak
bertemu tasydid. Panjangnya 3 alif atau 6 harakat
contoh : الر
·
Mad Lazim Harfi Mutsaqqal
Yaitu apabila pada
permulaan surat dari Al-Qur’an terdapat salah satu atau lebih Dari antara huruf
yang delapan, yakni: ن – ق – ص – ع – س – ل – ك – م dan bertemu
tasydid. Panjangnya 3 alif atau 6 harakat
contoh :
المّ
6.
MEDIA PEMBELAJARAN
·
LCD + Proyektor
·
Papan Tulis
·
Spidol
·
Pointer
7.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Card Sort
8.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
·
guru mengucakan salam
·
guru mengkondisikan kelas
·
guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan ilmu tajwid
|
2 Menit
|
2
|
KEGIATAN INTI :
1. EKSPLORASI
·Guru mengawali
pelajaran dengan mengajukan beberapa apertanyaan kepada siswa, untuk
mengetahui sajauh mana pengetahuan siswa tentang hukum mad.
·Guru menerangkan
secara detail.
II.
ELABORASI
·
Guru meminta siswa untuk mengulangi pengertian hukum bacaan.
·
Guru meminta siswa membaca contoh bacaan mad yang telah disediakan.
·
Guru meminta siswa menunjukan menguraikan hukum bacaan mad ada contoh yang
telah disediakan.
·
Guru membagikan kartu berisi contoh bacaan mad dan disuruh untuk
mengkategorikan.
III.
KONFIRMASI
·Guru memastikan
bahwa siswa sudah memahami pelajaran yang sudah diajarkan.
·Guru memberikan
pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah diajarkan.
|
7 Menit
|
3
|
·Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memelajari
macam-macam Mad Far’i yang belum dibahas dan mencari contohnya masing-masing
3
·Guru bersama sama
mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan hamdalah 1 Menit
·guru mengucapkan
salam sebagai akhir waktu pelajaran
|
9.
SUMBEL BELAJAR
·
Buku panduan Ilmu Tajwid
·
QIRA’ATI
·
AL-Qur’an
10.
CAPAIAN MATERI
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·Menjelaskan
pengertian mad
·menyebutkan huruf
mad
|
Tes Tertulis
|
uraian
|
·
Jelaskan pengertian mad !
·
sebutkan
|
11.
BUTIR SOAL
NO
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
1
|
Apakah mad itu?
|
Mad artinya panjang
atau memanjangkan suatu bacaan
|
2
|
Bagaimana suatu
bacaan dihukum mad?
|
Apabila ada fathah
bertemu alif, kasha bertemu ya’, dan dhummah bertemu wawu.
|
3
|
Sebutkan huruf mad !
|
ا,ي,و
|
Makassar,
27 Juli 2018
Mengetahui,
Mahasiswa Praktik
Dosen
Pengampu
Indra Saputra Jaya
Comments
Post a Comment