Nama Sekolah : Mts Negeri Sinjai Utara
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1 Menjelaskan hukum bacaan Mad
|
Hukum bacaaan Mad
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad
|
1. Menjelaskan
pengertian hukum bacaan Mad.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
|
4 x 40 menit
|
C,X
|
|
2. Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
a. حُنَفَآءَ
b. فِيْۤ
أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
c. وَلاَ
تَحَآضُّوْنَ
d. بِأَصْحَابِ
الْفِيْلِ
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
||||||||
2 Menunjukkan contoh hukum bacaan
Mad
|
2. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran
dalam surat-surat pendek sehingga dapat menunjukkan contoh
hukum bacaan Mad
|
1.
Menunjukkan
beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Tuliskan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah!
|
2 x 40 menit
|
A,C,X
|
||
2. Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan
waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah ayat-ayat dalam QS. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan waqaf!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
||||||||
.3 Mempraktikkan bacaan Mad dalam
bacaan surat-surat Al-Quran.
|
3. Siswa membaca
ayat-ayat al-Quran terkait dengan hukum bacaan Mad
|
1.
Mempraktikkan
cara membaca bacaan mad.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1.
Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan mad
yang benar:
وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ.
فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَآءُ
لِيُحَآجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ.
|
2 x 40 menit
|
A,D,E,F,X
|
||
2.
Mempraktikkan
cara membaca bacaan yang panjang dan pendek
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1.
Bacalah QS. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang panjangkan !
|
||||||
3.
Mempraktikkan bacaan Mad dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1.
Bacalah beberapa ayat dalam QS. al-Baqarah dengan mempraktikkan hukum
bacaan mad yang ada!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )
|
Comments
Post a Comment