SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah     : Mts Negeri Sinjai Utara
Kelas                     : VIII
Mata Pelajaran  : PAI
Semester               : 2
Standar Kompetensi (Al-Quran): Menerapkan hukum bacaaan Mad

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1 Menjelaskan hukum bacaan Mad







Hukum bacaaan Mad







1. Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad






1.     Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
4 x 40 menit
C,X
2.     Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Diantara bacaan di bawah ini yang termasuk bacaan mad jaiz munfashil adalah:
    a. حُنَفَآءَ
    b. فِيْۤ أَحْسَنِ تَقْوِيَمٍ
    c. وَلاَ تَحَآضُّوْنَ
    d. بِأَصْحَابِ الْفِيْلِ















Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )


2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad


2. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran dalam surat-surat pendek sehingga dapat menunjukkan contoh hukum bacaan Mad
1.    Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Tuliskan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah!
2 x 40 menit
A,C,X
2.  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.



Tes lisan
Praktik
1. Bacalah ayat-ayat dalam QS. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan waqaf!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )


.3 Mempraktikkan bacaan Mad dalam bacaan surat-surat Al-Quran.


3. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran terkait dengan hukum bacaan Mad
1.    Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan mad yang benar:
وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ. 
فَيَخْرُجُ مِنْهُ الْمَآءُ
لِيُحَآجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ.

2 x 40 menit
A,D,E,F,X
2.    Mempraktikkan cara membaca bacaan yang panjang dan pendek

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah QS. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang panjangkan !



3.  Mempraktikkan bacaan Mad dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Bacalah beberapa ayat dalam QS. al-Baqarah dengan mempraktikkan hukum bacaan mad yang ada!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kemanusiaan ( Humanity )




Comments