ABSTRAK
Indra Saputra Jaya. 105 192 420 15. 2019. Pengembangan Kecerdasan
Emosional Pada
Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Universitas Muhammadiyah Makassar
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kecerdasan emosional pada
anak. Untuk mengetahui cara pengembangan kecerdasan emosional pada anak menurut
perspektif pendidikan Islam.
Jenis
penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Karena permasalahan yang akan diteliti tentang bagaimana
pengembangan kecerdasan emosional anak menurut perspektif pendidikan Islam maka
dari itu diperlukan banyaknya literatur yang relevan dan sesuai dengan masalah
yang akan dibahas dalam penelitian ini. Dalam proses analisis data, penulis
menggunakan metode deskriptif analisis yang terdiri dari empat kegiatan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil
penelitian ini dapat dirangkum sebagai berikut: Pengembangan kecerdasan emosional aspek yang begitu penting bagi
anak untuk itu beberapa langkah yang harus dimiliki dalam mengembangkan wilayah
kecerdasan emosional, antara lain kemampuan mengenali emosi diri, mengelola
emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain serta membina
hubungan yang baik dengan orang lain. Cara pengembangan kecerdasan emosional
pada anak itu Berdasarkan dari lingkungan keluarga dan sekolah, lingkungan
sosial/masyarakat perlu memberikan teladan dalam bentuk memberikan suasana
bermain yang merefleksikan wilayah kecerdasan emosional anak tersebut.
Kata
Kunci: Kecerdasan Emosional, dan Pendidikan Islam
Comments
Post a Comment